Realme 5 Pro segera rilis bulan september ini

Perusahaan Smarthpone Realme akan segera merilis produk terbarunya di bulan september ini. Produk terbarunya tersebut adalah realme 5 dan realme 5 Pro, namun fokus pembahasan kita disini mengenai Realme 5 Pro-nya.

Realme 5 Pro mengusung tagline "Quad Camera Speedster", pada cameranya memiliki lensa utama sebesar 48 Megapiksel untuk menghasilkan foto agar terlihat lebih jelas dan sangat detil saat diperbesar. Selain itu, smartphone ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dari berbagai perspektif karena menggunakan lensa super macro.

Realme 5 Pro segera rilis bulan september ini

Spesifikasi Smartphone Realme 5 Pro

Kamera Belakang
48 MP, f/1.8 (wide) + 
8 MP, f/2.2 (ultrawide), +
2 MP, f/2.4 (dedicated macro camera), +
2 MP, f/2.4 (depth sensor)
Features LED flash, HDR, panorama
Video 2160p@ 30 fps,
1080p@ 30/60/120 fps,
720p@ 960 fps, gyro-EIS
Kamera Depan 16 MP, f/2.0
Features HDR & panorama
Video 1080p @ 30 fps
RAM 4 GB, 6 GB & 8 GB
Memory Internal 64 GB dan 128 GB
Memory Eksternal microSD up to 256 GB (dedicated slot)
OS Android 9.0 (Pie), planned upgrade to
Android 10.0; ColorOS 6
Chipset Qualcomm SDM712
Snapdragon 712 (10 nm)
CPU Octa-core (2x2.3 GHz Kryo 360 Gold &
6x1.7 GHz Kryo 360 Silver)
GPU Adreno 616
Network Data GSM/HSPA/LTE
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dua-band,
Wi-Fi Direct, Hotspot & Bluetooth
Display Type IPS LCD capacitive touchscreen,
16M colors
Size 6.3 inches
Resolution 1080 x 2340 pixels
Protection Corning Gorilla Glass 3+
Fitur Sensors Fingerprint (rear-mounted),
accelerometer, gyro, proximity, compass
Baterai 4035 mAh - VOOC 3.0 20 watt

Review Smartphone Realme 5 Pro

Kamera
Smartphone Realme 5 pro terbaru ini, hadir dengan empat kamera belakang dimana kamera utamanya beresolusi 48 MP dengan f/1,8 dan menggunakan sensor Sony IMX 586 dengan performa, sensor ini sudah lama dikenal mampu menghasilkan foto yang tajam.

Hasil foto dari kamera 48 MP ini berukuran 8000 x 6000 piksel dan tidak pecah ketika dilakukan pembesaran atau zoom. Untuk mengaktifkan kamera 48 MP, pengguna bisa memilihnya pada menu kamera belakang.

Untuk kamera kedua, smartphone ini menggunakan lensa ultra-wide-angle beresolusi 8MP dengan aperture f/2.2 yang sanggup menangkap obyek luas hingga 119 derajat.
Kamera ketiganya menggunakan lensa makro beresolusi 2 MP dengan bukaan lensa f/2.4. 
Fungsinya sudah jelas, untuk menangkap detil obyek dari jarak dekat, yaitu 4 cm.

Sedangkan kamera terakhir yang beresolusi 2 MP berfungsi untuk menciptakan depth effect alias bokeh yang tergolong rapi dan tidak berlebihan.

Tampilan menu kamera belakang realme 5 Pro juga cukup simpel dan mudah digunakan. Terdapat mode photo, 1x zoom, 2x zoom, 5x zoom, portrait, ultra-wide, chroma boost, ultra 48 MP, nightscape, pano dan expert. 

Selain itu, pengguna juga bisa memilih aneka filter agar hasil foto menjadi lebih menarik.
Sama seperti smartphone realme lainnya, realme 5 Pro juga punya mode Nightscape yang sudah diperbarui, sehingga ada peningkatan pada highlight supression dan dynamic range.

Secara teknis, fitur ini menggabungkan teknologi AI dengan mesin multiframe, sehingga efektif untuk mengurangi noise dan menjadikan hasil foto maupun video lebih stabil, termasuk dalam kondisi minim cahaya.

Selain Nightscape, Chroma Boost juga kembali hadir di smartphone ini. Chroma Boost yang sudah ditingkatkan ini mampu mengenali berbagai informasi seputar obyek yang ditangkap oleh kamera, sekaligus bekerja untuk menyesuaikan kontras, kecerahan, dan saturasi warna agar hasil foto sesuai dengan aslinya.

Menuju fitur video, smartphone ini punya beberapa menu yang bisa membuat konten video menjadi lebih menarik, yaitu time-lapse dan slow-mo dengan beberapa pilihan kecepatan.

Perlu dicatat juga, realme 5 Pro mampu merekam video dalam resolusi 4K secara stabil karena sudah dilengkapi Electric Image Stabilization.

Layar
Smartphone baru Realme 5 Pro mengusung layar IPS 6,3 inch beresolusi Full HD+ (1080 x 2340 piksel) dengan aspek rasio screen to body 19,5:9.

Artinya, 83,6 persen bagian depan smartphone dipakai untuk layar dan hanya menyisakan bezel tipis untuk tepian smartphone.

Besaran resolusi yang diusung layar Realme 5 Pro membuat grafis yang ditampilkan menjadi lebih tajam.

Sementara pada bagian layar atas, terpasang notch alias poni bermotif dew drop untuk menampung kamera selfie beresolusi 16 MP.

Pada layar sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 3+ sehingga pengguna tidak perlu khawatir akan goresan.

Desain
Balutan warna Sparkling Blue pada smartphone ini terlihat elegan dan mewah berkat motif yang membentuk pecahan kristal saat dilihat dari berbagai sudut.

Katanya, Realme memerlukan 15 kali pembuatan prototipe dan 78 kali penyesuaian detail di bagian belakang untuk menghasilkan efek visual baru, yaitu warna holografik dengan tekstur potongan kristal.

Pada bagian belakang terpatri 4 kamera belakang, LED Flash, sensor sidik jari serta logo Realme. Di sisi kiri, terpasang tombol volume serta slot untuk kartu SIM dan microSD.

Bagian sisi kanan dipakai untuk tombol power, sedangkan bagian atasnya untuk speaker.
Adapun pada bagian bawah, terdapat port USB Type-C yang membuat transfer data lebih cepat, speaker, jack audio 3,5 mm, dan lubang mic.

Seluruh bagian body realme 5 Pro, termasuk tombol-tombol fisiknya, didesain agar tahan air dengan fitur Splash resistant yang memungkinkan perangkat tetap aman saat terkena percikan air.

Dengan dimensi 157 x 74,2 x 8,9 mm dan bobot 184 gram saja, smartphone ini juga kokoh saat digenggam dan enteng untuk dibawa kemana-mana.

Performa
Dari segi performa, Realme 5 Pro sudah dipasang chipset Qualcomm Snapdragon 712 AIE dengan prosesor Octa-core dan GPU Adreno 616 yang dikombinasikan dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB yang masih bisa ditingkatkan denyan slot microSD hingga 256 GB.

Saat dipakai bermain game PUBG Mobile, smartphone ini sanggup menjalankan settingan grafis HD dan frame rate high dengan mulus dan tanpa ada lag.

Dibalik moncernya pengalaman saat bermain game, rahasia performa realme 5 Pro terletak pada fitur game space dan Hyperboost 2.0 yang mampu mendongkrak performa smartphone untuk aktivitas gaming.

Perangkat lunak
Smartphone berjuluk Quad Camera SpeedMaster ini masih melintas dengan sistem operasi Android 9 Pie yang dibalut ColorOS 6. ColorOS 6.0 mengusung desain stock Android yang menyajikan tampilan antarmuka yang cukup simpel.

Tampilan antarmuka ini juga menyajikan notification tray untuk menampilkan notifikasi sosial media, email, pesan instan, dan lain-lain. Pengguna juga dapat mengakses menu setting secara singkat dari notification tray.

Dalam keadaan standar, realme 5 Pro membawa beberapa aplikasi bawaan Google (Gmail, GMaps, YouTube, dll), realme Comunity, Game Center, Facebook, Opera, Babe, hingga WPS Office.

Dari segi keamanan, smartphone ini didukung face unlock yang mampu mengenali wajah pengguna lebih akurat, pemindai sidik jari yang mampu membuka kunci smartphone kurang dari 1 detik, hingga Kid Space agar smartphone ramah untuk anak-anak.

Untuk software game, realme 5 Pro punya fitur Hyperboost 2.0 yang terdiri dari Frame Boost, Touch Boost dan Game Boost.

Frame Boost mampu membuat game berjalan cepat dan mulus. Touch Boost meningkatkan responsivitas sentuhan pada layar ketika gaming. Sementara Game Boost didesain untuk mengoptimalkan kinerja chipset ketika bermain game berat.

Baterai
Realme 5 Pro dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh yang sudah dilengkapi fitur VOOC Flash Charge 3.0. Teknologi ini bisa mengurangi masalah ketidakstabilan daya pengisian daya cepat, sekaligus mempertahankan pengisian daya tinggi sepanjang pengoperasian.

Secara teknis, dukungan Flash Charge 3.0 membuat smartphone ini terisi penuh hingga 100% dari kondisi di bawah 20% hanya dalam waktu satu jam. Dalam kondisi di atas 20%, baterai realme 5 Pro bahkan terisi penuh dengan waktu hanya 30 menit.

Dalam penggunaan harian seperti berkirim email, sosial media, pesan instan, foto, mengetik, dan lainnya, smartphone ini sanggup bertahan sekitar 48 jam. Sedangkan saat dipakai bermain game secara marathon bisa bertahan hingga 10 jam.

Namun ketika dibiarkan saja dalam keadaan standby, umur baterai realme 5 Pro sanggup bertahan hingga 3 - 4 hari.

Mungkin itu saja guys, review smartphone Real 5 Pro-nya. 

Jika kalian tertarik dengan smartphone Real 5 Pro ini guys, sudah tersedia di toko platform online seperti Lazada, Shoppe, dll, maupun offline.

Post a Comment

0 Comments