Cara Setting Preferensi Penelusuran Blog yang baik dan benar untuk Optimasi SEO

Pengaturan search preferences (preferensi penelusuran) merupakan bagian terpenting untuk memaksimalkan seo blogger yang kita miliki. Melakukan setting preferensi penelusuran blog yang baik dan benar akan memberikan efek yang sangat baik pula bagi kemajuan blog kita untuk bisa naik pada halaman pertama mesin pencarian yang pada akhirnya mendatangkan banyak visitor atau pengunjung blog.

Settingan preferensi penelusuran blog ini bertujuan untuk mempermudah semua isi konten artikel pada blog untuk di index oleh robot mesin pencari yang ada seperti google, bing, yandex dan lainnya.

Begitupun sebaliknya, apabila kita melakukan settingan pada preferensi penelusran blog dengan salah, maka justru akan membuat blog kita tidak dapat di index sama sekali oleh mesin pencari.

Baca Juga Informasi Tutorial Blog Lainnya:

Seorang blogger tentu menginginkan isi konten artikelnya mudah ditemukan oleh mesin pencari google. Lalu bagaimana cara setting preferensi penelusuran blog yang baik dan benar itu? Simak ulasannya di bawah ini guys.

Cara Setting Preferensi Penelusuran Blog yang baik dan benar untuk Optimasi SEO

1. Pengaturan Meta tags
Pengaturan ini bersifat general atau umum dimana fungsinya ialah untuk memberikan informasi kepada pengunjung mengenai pokok-pokok pembahasan pada blog kalian guys.

Cara mengaktifkan pengaturan Meta tags, klik Edit, masukan kata-kata maksimal 150 karakter dan jangan lupa klik simpan perubahan. Bagian ini berisi tentang kata kunci yang sesuai dengan target artikel pada blog kita.

Misalnya pada blog saya sendiri, saya menuliskan:
"Berbagai informasi seputar technology digital, smartphone, laptop dan Informasi mengenai harga, spesifikasi, kelebihan dan kekurangannya".

Cara Setting Preferensi Penelusuran Blog yang baik dan benar untuk Optimasi SEO

Hasilnya akan kelihatan seperti gambar dibawah ini:

Cara Setting Preferensi Penelusuran Blog yang baik dan benar untuk Optimasi SEO

Baca Juga Informasi Seputar Smartphone:

2. Kesalahan dan Pengalihan
Pengaturan ini berfungsi untuk mengatasi masalah link artikel yang rusak atau tidak ditemukan di mesin pencarian google serta pengalihan halaman yang rusak menuju halaman baru atau ada isi artikelnya.
  • Pesan Khusus untuk Halaman Tidak Ditemukan
Fungsinya untuk memasukan pesan kepada pengunjung jika terdapat artikel atau halaman yang rusak atau tidak ditemukan.

Dibagian ini, kalian bisa mengisi dengan kata-kata sesuai keinginan kalian sendiri. Contohnya seperti ini: "Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, Artikel atau Halaman ini tidak tersedia lagi karena sudah kami hapus, Silahkan baca artikel terkait lainnya".

Cara Setting Preferensi Penelusuran Blog yang baik dan benar untuk Optimasi SEO

Klik edit untuk mengaktifkan bagian ini atau biarkan kosong juga tidak masalah, namun apabila teman-teman yakin ada link yang rusak dan tidak ditemukan baiknya diaktifkan dan tuliskan pesan di dalam kolom yang tersedia.
  • Pengalihan Khusus
Berfungsi untuk mengalihkan halaman atau link artikel yang rusak menuju halaman baru atau link yang tidak rusak agar pengunjung blog tidak kecewa karena mendapatkan pesan NOT FOUND atau tidak ditemukan.

Kesalahan atau rusaknya link artikel biasanya terjadi karena kita merubah struktur permaklink atau menghapus link artikel atau setelah melakukan blog walking dan salah memasukan link artikel sehingga ketika di klik pengunjung tidak menemukan halaman artikel tersebut.

3. Perayap dan Pengindeksan
Bagian ini ialaha bagian yang paling penting dalam cara setting seo blogger. Pada pengaturan perintah ketiga ini, jika salah akan berakibat fatal dan apabila sesuai perintah maka akan memaksimalkan fungsi setting seo blogspot blogger kita.
  • Google Search Consule
Bagian ini berkaitan dengan google webmastertool, jika teman-teman baru membuat blog atau sudah punya tapi belum mendaftarkan pada webmastertool google, akan kita bahas di lain waktu guys.
  • robots.txt khusus 
Bagian ini sangat penting dan jangan sampai salah. Bila penggunaanya salah maka mesin pencari dapat mengabaikan blog anda.

Namun tidak perlu khawatir, saya punya referensi yang cukup terpercaya dalam mengisi bagian ini. Kalian bisa menggunakan referensi dari google, scriptnya ada dibawah guys bisa kalian copy dan pastekan ke blog kalian.

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Sitemap: alamatsitusbloganda/sitemap.xml

Opsi lain, kalian bisa menggunakan referensi dari blogger-blogger yang sudah lebih dulu berkecimpung di Blogspot.

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Sitemap: alamatsitusbloganda/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

Baca Juga Informasi Seputar Laptop:

Opsi lainnya, Agar settingan seo lebih maksimal dan berfungsi sekaligus untuk mencegah adanya duplikat konten

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: Googlebot
Disallow: /search
Disallow: /?m=1
Disallow: /?m=0
Disallow: /*?m=1
Disallow: /*?m=0

User-agent: *
Disallow: /search

Sitemap: alamatsitusbloganda/feeds/posts/default?orderby=UPDATED
  • Tag tajuk robot khusus
Bagian ini masih berhubungan dengan ijin dan tidak diijinkan bagi mesin pencari untuk merayapi dan mengindex konten blog kita.

Cara mengaktifkannya hanya perlu klik menu edit, dan mencentang bagian yang kalian rasa perlu saja.

Di blog saya sendiri saya hanya mencentang, noindex dan noarchive pada Archive dan Search pages.

Cara Setting Preferensi Penelusuran Blog yang baik dan benar untuk Optimasi SEO

Namun Apabila teman-teman ingin memberikan ijin tersendiri kepadamesin pencari, silahkan pahami arti dan istilah yang ada dalam kolom pengaturan diatas:
All : boleh diindex semua/ tidak boleh

Noindex : Jangan diindex

None : Perintah untuk noindex, nofollow, atau mengatakan pada search engine: “Jangan lakukan apapun terhadap halaman ini”.

No Archive : Perintah memberitahukan kepada search engine untuk mencegah menampilkan cache copy suatu halaman.

NoSnippet : Perintah untuk memberitahukan kepada search engine untuk mencegah menampilkan snippet atau ringkasan suatu halaman pada halaman hasil pencarian, dan mencegah search engine untuk melakukan caching suatu halaman.

Noodp : Merupakan Perintah untuk memberitahukan kepada search engine untuk memblokir search engine untuk menggunakan deskripsi suatu halaman dalam DMOZ (ODP / Open Directory Project) sebagai snippet atau ringkasan untuk halaman Anda pada search engine.

No Translate : Tag meta ini menginformasikan kepada Google bahwa Anda tidak ingin memberikan terjemahan ke bahasa lain untuk laman ini.Saat search engineatau mesin pencari mengenali bahwa isi suatu halaman tidak dalam bahasa yang cenderung ingin dibaca oleh pengguna, sistem google translate akan secara otomatis menyediakan tautan ke terjemahan dalam hasil pencarian. Secara umum, hal ini memberi Anda peluang untuk membuat isi artikel yang unik dan menarik bagi kelompok pengguna yang lebih luas. Namun demikian, boleh jadi terdapat situasi dimana hal ini tidak diinginkan.

NoImageIndex: Perintah yang memungkinkan bagi Anda untuk menentukan bahwa Anda tidak ingin halaman Anda muncul sebagai halaman perujuk, untuk gambar yang muncul di hasil penelusuran Google.

Follow : Merupakan perintah untuk memberitahukan robot search engine untuk mengikuti link yang ada pada suatu halaman, baik yang bisa diindex maupun yang tidak.

NoFollow : Merupakan perintah untuk memberitahukan kepada robot search engine untuk tidak mengikuti link apapun yang ada pada suatu halaman.

Index : Perintah untuk mengizinkan robot search engine untuk mengindeks suatu halaman, Anda tidak harus menambahkan nilai ini ke dalam halaman Anda, karena ini merupakan nilai default.

Segitu saja guys, penjelasan cara setting preferensi penelusuran blognya. Jangan sampai salah guys, silahkan dibaca dan dipahami dengan baik agar tidak terjadi kesalahan.

Sukses untuk semua blogger.

Post a Comment

4 Comments

  1. Mantap ni tutorialnya. Sekarang aku jadi tahu seputar blogging. Semoga bisa sukses seperti blog ini dalam menyajikan informasi yang menarik

    ReplyDelete
  2. terimakasih atas informasinya seputar blogger

    ReplyDelete
  3. Terimakasih tutorialsnya sangat jelas Dan gampang di pahami untuk pemula seperti saya 👍🏻👍🏻

    ReplyDelete
  4. Nice untuk infonya kak, semangat terus dan sukses selalu..
    Perkenalkan juga nama saya Denny Gunawan mahasiswa ISB Atma Luhur Pangkalpinang kak..
    <a href="https://www.atmaluhur.ac.id/%22%3E ISB Atma Luhur</a>

    ReplyDelete