12 Alasan kenapa memilih produk Apple meskipun harganya mahal

Apple merupakan salah satu produk elektronik ternama dan terkenal di dunia. APPLE adalah perusahaan produsen teknologi multinasional yang berpusat di Cupertino, California.

Produk yang dikeluarkan Apple sendiri cukup banyak, terdiri dari iPhone, iPad, iWatch, iMac, MacBook, MacBook Pro, MacBook Air, Apple TV dan perangkat Apple yang lain.

Banyak alasan kenapa produk Apple lebih dipilih ketimbang produk lainnya, padahal kita semua tahu harga yang ditawarkan Apple untuk setiap produknya tidak lah murah atau menurut saya sangat lah mahal.

Jika dibandingkan dengan produk lainnya, misalnya harga iPhone hampir sama dengan harga 2 (dua) smartphone samsung.

12 Alasan kenapa memilih produk Apple meskipun harganya mahal

Sudah tau mahal tapi dibeli?
Padahal, tidak ada yang istimewa tapi tetap digemari dan ingin dimiliki sekalipun harga produk Apple mahal sekali. Terlebih, jika produk tersebut akan di-launching atau baru pertama kali masuk ke pasar handphone, otomatis harganya mahal.

Apa saja alasan kenapa memilih produk Apple meskipun harganya mahal?

1. Segi Keamanan

Keamanan iPhone sangatlah tinggi. Sistem operasi yang dibuat oleh Apple sendiri sangat minim celah atau sistem keamanan lebih tinggi dibandingkan OS Windows. Dukungan iCloud yang sangat susah dibobol, membuat perangkat Apple susah dibajak.

Itulah sebabnya bagi mereka yang sangat aware dengan keamanan data yang tersimpan di smartphonenya akan menjadi alasan beli iPhone. Dan bukan rahasia jika Android dikenal sebagai smartphone yang rentan memiliki celah keamanan, apalagi jika Android kamu sudah root.

2. Hardware dengan Performa Terbaik dan Tahan Lama

Umumnya, spesifikasi hardware perangkat Apple yang dikeluarkan sudah mendukung teknologi terbaru dengan kinerja yang terbaik hingga 5 tahun kedepan sehingga meminimalisir keuangan untuk upgrade hardware Apple.

Kamu bisa mengadu performa produk Apple, misalnya MacBook Pro dengan produk laptop merek lain. Ini dikarenakan komponen yang terpasang pada perangkat Apple punya kualitas terbaik atau premium, tahan lama dan chipset buatan sendiri.

Baca juga update terbaru lainnya :

3. Sitem Operasi Lebih Efisien

Disadari atau tidak, banyak program di Android justru membuat smartphone yang kamu gunakan menjadi berat. Bahkan RAM 3 GB pun akan selalu kurang di Android. Itu karena manajemen sistem operasi Android belum se-efisien sistem operasi yang digunakan iPhone.

Itulah mengapa iPhone hanya butuh RAM 1 GB sementara Android sudah lebih dulu menggunakan RAM 3 GB. Meski sekarang iPhone pun sudah mulai menggunakan RAM 3 GB, tapi Android sudah menggunakan RAM 6 GB.

4. Dukungan Sistem Operasi dan Software Legal

Alasan memilih produk Apple, yaitu MacBook Pro karena lebih leluasa membawanya bepergian karena tidak perlu takut swipping software bajakan di bandara. Ini sangat cocok bagi mereka yang sering travelling ataupun yang takut terkena swipping sistem operasi.

Pengguna iOS lebih dulu dapat menikmati aplikasi dibandingkan dengan sistem operasi mobile lain dikarenakan para pengembang lebih gemar merilis aplikasi andalan mereka lebih dulu di App Store.

5. Dukungan Update Sistem Operasi

Bukan hanya dukungan dari sistem operasi, ada lagi dukungan dari segi update sistem operasi Mac OS X, macOS ataupun iOS lebih lama 2 tahun (hingga 4 tahun) sehingga bisa menikmati fitur terbaru sistem operasi Apple sejak diluncurkan dibandingkan dengan Android.

Dukungan update sistem operasi dilakukan Apple secara merata dan sekaligus. Maka tak heran jika iOS 10 yang diperkenalkan hampir bersamaan dengan Android Nougat 7.0 telah digunakan hampir lebih dari 75% penggunanya. Sementara Android Marshmallow yang diperkenalkan pada bulan September 2016 silam baru diserap sedikit perangkat Android.

iPhone 5 yang dibekali dengan sistem operasi iOS 6 itu masih support untuk di-upgrade ke iOS 9.2? Ini membuktikan bahwa Apple masih tetap memberikan dukungan update sistem operasi terbaru, bahkan untuk perangkat yang sudah lama sekalipun. Dan semuanya bisa dilakukan tanpa harus Jailbreak.

6. Desain Mewah dan Elegan

Desain produk Apple seperti iMac, MacBook, MacBook Pro, MacBook Air, iPhone, iPad, iWatch, ataupun Apple TV memang terkesan premium, mewah dan elegan dibandingkan produk merek lain. Hal ini memang sudah ditekankan oleh Steve Jobs, pendiri Apple agar memperhatikan dengan baik konfigurasi produknya mulai dari kabel, kamera, hingga software.

Inilah yang membuat desain produk Apple tidak diragukan lagi dan terlihat sedeharana tapi elegan dibalut kemewahan.

7. Kualitas Tinggi (High Quality)

Bukan hanya desain iMac, MacBook, MacBook Pro, MacBook Air, iPhone, iPad, iWatch, Apple TVS atau produk Apple lainnya yang terlihat premium, mewah dan elegan tapi juga menggunakan bahan atau material metal yang berkualitas. Ini salah satu alasan juga kenapa produk Apple mahal sekali dibandingkan Samsung atau merek lain.

Selain itu, kesan premium ini juga dipengaruhi oleh pola Apple yang hanya mengeluarkan 1 produk dalam setahun. Sangat berbeda dengan smartphone Android yang hampir selalu keluar smartphone baru setiap kuartalnya. Bahkan tidak sedikit smartphone Android yang desainnya meniru iPhone.

8. Aman Virus dan Ancaman Malware

Pengguna Android memang diuntungkan dengan kemudahan install aplikasi dan banyaknya pilihan toko aplikasi untuk men-download beragam aplikasi untuk Android kamu. Namun, banyaknya toko aplikasi ini justru menjadi gudang virus dan malware, karena aplikasi yang diinstal tidak berasal dari sumber yang tidak terpercaya.

Berbeda dengan iPhone yang hanya bisa mendownload aplikasi dari App Store, dan aplikasi yang masuk telah dikurasi dengan baik. Jadi dijamin lebih aman. Tak heran jika isu keamanan ini membuat orang lebih memilih iPhone dibanding Android.

Baca juga update terbaru lainnya :

9. Kulitas Layar Jernih (Retina Display)

Ini salah satu alasan kenapa para desainer grafis memilih produk Apple dibandingkan yang lain karena kualitas layar yang jernih, memanjakan mata dan sangat bagus digunakan untuk keperluan desain. Bahkan saat ini, beberapa produk Apple seperti iMac, MacBook Pro, MacBook Air sudah mendukung teknologi "Retina Display".

10. Kamera dengan Kualitas dan Resolusi Terbaik

Jika anda pernah menggunakan smartphone Android seperti Samsung Galaxy, atau Galaxy Tab mungkin merasakan perbedaan kamera yang sangat menonjol. Gambar yang dihasilkan dari kamera iPhone lebih bagus dibandingkan merek lain. Belum lagi, teknologi dual camera yang tertanam di iPhone 7 Plus yang mampu menangkap objek dengan hasil yang sangat menakjubkan.

11. Tidak Cepat "Jatuh Harga"

Jika perangkat Apple rusak, penggunanya dengan mudah mengunjungi Apple Store untuk menyelesaikan kerusakan iPhone, iPad, iMac, iWatch dan produk lainnya.

Bukan saja menjual produk, Apple Store juga menjadi pusat layanan purna jual bagi para pengguna produk Apple tapi sayangnya di Indonesia belum ada Apple Store, yang ada hanya Apple Authorized Distributor.

12. Pengguna Loyal dan Gengsi Apple

Produk Apple yang mempunyai fitur yang lengkap membuat banyak orang yang suka dan rela membelinya sekalipun harganya yang sangat mahal. Pengguna yang loyal sama sekali tidak mempermasalahkan harga produk Apple ini karena merasa puas dengan kualitas yang diberikan oleh Apple.

Jadi, jangan heran jika Apple akan mengeluarkan produk barunya, ada banyak pengguna yang rela antri berhari-hari untuk membeli produk baru Apple tersebut dan mempertahankan gengsinya.

Itulah 12 alasan kenapa banyak yang memilih produk Apple meskipun harganya itu mahal bahkan banyak sekali orang yang tergila-gila dengan produk keluaran Apple.

Meski bukan produk yang sempurna, dan jujur saja banyak keterbatasan namun para pengguna Apple rata-rata sangat puas dengan pengalaman yang diberikan Apple.

Apa pendapat kalian guys?

Silahkan komentar di bawah, di kolom komentar tentang alasan lebih memilih produk apple daripada produk yang lain.

Post a Comment

2 Comments

  1. Saya sih lebih milih menggunakan smartphone 😊

    ReplyDelete
  2. Produk apple memang sangat rekomendasi. Kece mah kalo pake Apple

    ReplyDelete